Blogger Muslim Sejati

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Duta Besar Republik Rakyat China (RRC) untuk Indonesia Xiao Qian menceritakan kalau dirinya sejak kecil sudah bergaul dengan Muslim karen...

Dubes China Sejak Kecil Bergaul Dengan Muslim Loh..

Duta Besar Republik Rakyat China (RRC) untuk Indonesia Xiao Qian menceritakan kalau dirinya sejak kecil sudah bergaul dengan Muslim karena tepat di samping rumahnya berdiri salah satu masjid tertua di China.

“Saya juga banyak teman-teman Muslim. Saya waktu kecil juga sering main ke masjid yang berada di dekat rumah saya itu. Saya juga ikuti acara Ramadhan dan Idul Fitri di sana,” kata Qian dalam sambutannya pada acara Santunan Anak Yatim dan Buka Puasa Bersama di Pesantren Al-Tsaqafah di Jakarta, Rabu (23/5).

“Saya merasa bergembira datang ke sini untuk santunan anak yatim dan buka bersama Kiai Said,” tambahnya.

Qian menjelaskan kalau saat ini ada sekitar 23 juta Muslim dan 35 ribu masjid di seluruh wilayah China. Seperti Muslim di Indonesia, mereka diberi kebebasan untuk menjalankan ajaran agamanya dengan baik seperti shalat, haji, dan lainnya.

“Pemerintah RRT juga memberikan fasilitas kepada mereka (Muslim China) untuk menjalankan agamanya,” jelasnya.

Qian menurutkan kalau Islam masuk ke China lebih dari seribu tahun yang lalu, jauh sebelum masuk ke Nusantara. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa Islam masuk ke China pada era sahabat, bahkan pada zaman Nabi Muhammad masih hidup.

Qian mengatakan bahwa hubungan China dan Indonesia sudah terjalin lama. Bahkan jauh sebelum Indonesia lahir. Pada abad ke-15 misalnya, Laksamana Cheng Ho dari Dinasti Ming datang ke Nusantara. Salah satu misinya adalah mendakwahkan Islam kepada masyarakat Nusantara. Maka tidak mengherankan jika Cheng Ho banyak membangun masjid di kota-kota yang disinggahinya saat berada di Nusantara.
Pada era sekarang, imbuh Qian, hubungan China dan Indonesia juga erat mengingat Presiden China Xi Jinping dan Presiden Indonesia Joko Widodo saling mengunjungi.

“Presiden Joko Widodo telah lima kali ke Tiongkok dan sudah enam kali melakukan rapat dengan pemimpin Tiongkok. Kita akan terus menerus melakukan kerjasama,” jelasnya.

Qian menyebutkan, China juga menjalin hubungan baik dengan Nahdlatul Ulama (NU), ormas Islam terbesar di dunia. Pemerintah China dan NU sudah beberapa kali menjalin kerjasama dalam berbagai bidang, mulai dari pendidikan, budaya, sosial, dan lainnya.

“Minggu lalu Kiai Said juga mengujungi Tiongkok untuk mengenal perkembangan umat Islam di sana. Kunjungan tersebut sangat sukses dan saya sangat bersyukur. Semoga itu bisa mempererat hubungan keduanya,” katanya.

visimuslim.xyz

0 coment�rios: