Blogger Muslim Sejati

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Setelah perjanjian Hudaibiyah berjalan 2 tahun, Suku Bani Bakar dibantu oleh Kafir Quraisy menyerang dan membantai Bani Khuza’ah yang telah...

Sejarah Dan Kisah Fathu Makkah

Setelah perjanjian Hudaibiyah berjalan 2 tahun, Suku Bani Bakar dibantu oleh Kafir Quraisy menyerang dan membantai Bani Khuza’ah yang telah menyatakan bergabung dengan Umat Islam di Madinah. Akhirnya perwakilan Bani Khuza’ah mengadukan peristiwa tersebut kepada Nabi Muhammad Saw. Peristiwa tersebut telah melanggar perjanjian Hudaibiyah yang telah disepakati antara Nabi Muhammad Saw dan Kafir Quraisy.

Sikap terhadap tindakan kafir Quraisy, Nabi Muhammad Saw mengirim utusan kepada pembesar kafir Quraisy dengan misi perdamaian dengan usulan bahwa Kaum Quraisy harus: 1. mengganti rugi terhadap para korban suku Khuza’ah, atau; 2. menghentikan persekutuan dengan Bani Bakar, atau; 3. menyatakan pembatalan perjanjian Hudaibiyah. Ternyata kaum Quraisy memilih usulan ketiga yaitu menyatakan pembatalan perjanjian Hudaibiyah. Akibat pilihan tersebut, Nabi Muhammad Saw menyiapkan pasukan tersebesar sepanjang sejarah Islam. Nabi Muhammad Saw berangkat ke Mekkah bersama 10.000 pasukan untuk menyerang Makkah. Pada awalnya, Nabi Muhammad Saw merahasiahkan persiapan pasukannya. Tapi berita tersebut tersebar sampai Mekkah.

Berita tersebut disebarkan oleh Hatib bin Abi Bathla’ah yang mengirim surat kepada keluarganya melalui seorang budak bani Muthalib. Surat tersebut berisi tentang persiapan Nabi Muhammad Saw dengan 10.000 pasukan untuk menyerang Makkah. Dia merasa sedih dan kasihan terhadap kerabatnya di Kota Mekkah dan tidak ingin Makkah hancur di tangan umatnya sendiri. Karena alasan itu, Nabi Muhammad Saw memaafkan Hatib bin Abi Bathla’ah. Nabi Muhammad Saw mempersiapkan pasukan yang besar dalam rangka menakut-nakuti kafir Quraisy dan menunjukan kepada mereka bahwa Islam sudah berkembang dan Umat Islam memiliki pasukan yang besar dan kuat. Selama perjalanan, pasukan umat Islam selalu mengumandangkan takbir dan tahmid yang membuat gentar seluruh masyarakat Makkah. Nabi Muhammad Saw berpesan kepada pasukannya untuk tidak merusak dan mengotori kota Makkah denga peperangan. Sebelum memasuki kota Makkah, Nabi Muhammad Saw memerintahkan pasukannya untuk berkemah di dekat kota Makkah. Beliau mempersiapkan pasukannya sebelum penaklukan Makkah.

Pasukan umat Islam terbagi menjadi 4 kelompok. Mereka akan memasuki kota Makkah sesuai perintah Nabi Muhammad Saw. Mereka akan masuk dari empat arah mata angin yaitu Utara, selatan, Barat, dan Timur. Melihat kondisi seperti, Abu Sufyan bin Harb datang menemui Nabi Muhammad Saw dan menyatakan keislamannya di hadapan Nabi Muhammad Saw dan Umat Islam. Setelah itu, Nabi Saw memberikan kepercayaan kepada Abu Sufyan sebagai perantara dengan kaum Quraisy. Dalam hal ini Nabi Muhammad Saw memberikan keamanan bagi Abu Sufyan dan keluarganya dengan menyarankan bahwa orang  yang masuk ke rumah Abu Sufyan akan selamat, orang yang masuk masjid akan selamat, dan orang yang menutup pintu rumahnya rapat-rapat akan selamat. Setelah persiapan selesai, Nabi Muhammad Saw dan pasukannya yang terbagi menjadi 4 kelompok masuk kota Makkah dari 4 penjuru. Sehingga kota Makkah terkepung oleh Umat Islam.

Nabi Muhammad Saw dan pasukannya masuk Makkah dengan damai. Akhirnya tepat tanggal 1 Januari 630 M kota Makkah dapat dikuasai Nabi Muhammad Saw dan umat Islam. Nabi Muhammad langsung menuju Ka’bah dan melakukan thawaf. Setelah itu, Nabi Muhammad Saw menghadap orang-orang yang telah berkumpul di masjid. Dan Nabi Muhammad Sw Memaafkan semua kesalahan mereka. Setelah itu Nabi Muhammad Saw menghancurkan berhala-berhala sebanyak 360 berhala yang mengelilingi Ka’bah. Setelah bersih dari berhala, Nabi muhammad memerintahkan Bilal untuk melakukan azan di atas Ka’bah.

Kemudian Umat Islam melakukan shalat berjamaah dengan Nabi Muhammad Saw. Pada saat itulah, nampak kemenangan umat Islam, karena sejak saat itu datang berbondong-bondong masyarakat Makkah masuk Islam. Diantara pembesar Quraisy yang masuk Islam adalah Muawiyah bin Abu Sufyan, Hindun binti Uthbah, Muth’ib bin Abu Lahab, Ummu Hanie binti Abi Thalib, dan lain-lain. Nabi muhammad Saw tinggal di Makkah selama 15 hari. Beliau mengajarkan tata cara beribadah dan mengatur urusan kenegaraan dan pemerintahan. Sumber Buku SKI MTS Kelas VII. Kementerian Agama Republik Indonesia.



from MUSLIM SEJATI https://ift.tt/2Q9AYxA
via Muslim Sejati

0 coment�rios: